Tutorial Interaktif Scratch
Pelajari bagian-bagian menu Scratch dan fungsinya dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami
Menu Tutorial
Apa itu Scratch?
Scratch adalah bahasa pemrograman visual yang dikembangkan oleh MIT Media Lab, dirancang khusus untuk anak-anak usia 8-16 tahun dan pemula yang ingin belajar konsep pemrograman. Dengan Scratch, Anda dapat membuat cerita interaktif, animasi, game, seni, dan simulasi tanpa perlu menulis kode teks. Kelebihan Scratch antara lain.
Pemrograman Blok
Gabungkan blok-blok kode seperti puzzle untuk membuat program tanpa sintaks rumit
Komunitas Global
Berbagi proyek dengan jutaan pengguna Scratch di seluruh dunia dan belajar bersama
Kreativitas Tanpa Batas
Ekspresikan ide Anda melalui coding dengan cara yang menyenangkan dan visual
Berikut video tutorial pengenalan scratch selengkapnya.
Blok Pemrograman
Scratch menggunakan blok kode berwarna yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Setiap warna mewakili kategori fungsi tertentu, memudahkan pemula untuk memahami jenis perintah yang tersedia.
| Kategori | Fungsi | Contoh Blok |
|---|---|---|
| Motion Biru |
Menggerakkan dan memutar sprite | gerak 10 langkah, putar 15 derajat |
| Looks Ungu |
Mengubah penampilan sprite | katakan Halo!, ganti kostum |
| Sound Oranye |
Mengontrol suara dan musik | mainkan suara meow, atur volume |
| Events Kuning |
Menangani peristiwa dan pemicu | ketika bendera hijau diklik |
| Control Hijau |
Mengontrol alur program | ulangi 10, jika-maka |
| Sensing Biru Muda |
Mendeteksi input dan interaksi | menyentuh mouse-pointer? |
Cocokkan Blok
Seret blok ke kategori yang sesuai untuk melatih pemahaman Anda tentang jenis-jenis blok Scratch:
Blok Kode
Kategori
Area Panggung (Stage)
Panggung adalah area di mana program Anda dijalankan dan hasilnya ditampilkan. Ini adalah tempat di mana sprite Anda akan bergerak, berinteraksi, dan melakukan aksi sesuai dengan kode yang Anda buat.
Fitur Panggung:
- Koordinat X dan Y: Panggung menggunakan sistem koordinat dengan X (-240 sampai 240) dan Y (-180 sampai 180)
- Mode Tampilan: Dapat diubah antara mode normal dan mode layar penuh
- Pengaturan Backdrop: Dapat mengganti latar belakang panggung
- Tombol Kontrol: Bendera hijau untuk memulai, tombol merah untuk berhenti
Simulasi Panggung Scratch
Sprite & Backdrop
Sprite adalah karakter atau objek yang dapat diprogram dalam proyek Scratch, sedangkan backdrop adalah latar belakang untuk panggung Anda. Memahami cara bekerja dengan sprite dan backdrop adalah kunci untuk membuat proyek Scratch yang menarik.
Sprite
- Setiap sprite memiliki kode, kostum, dan suara sendiri
- Dapat dibuat, diimpor, atau dipilih dari library Scratch
- Dapat diubah ukuran, arah, dan gaya
- Dapat memiliki banyak kostum untuk animasi
Jenis Sprite:
Backdrop
- Mengatur latar belakang panggung
- Dapat memiliki beberapa backdrop dan beralih di antara mereka
- Dapat dibuat, diimpor, atau dipilih dari library Scratch
- Dapat diedit menggunakan editor gambar
Ubah Backdrop:
Pratinjau Backdrop
Kuis Interaktif
Uji pengetahuan Anda tentang Scratch dengan kuis berikut! Pilih jawaban yang menurut Anda benar untuk setiap pertanyaan.
1. Apa fungsi dari blok "ketika bendera hijau diklik"?
2. Di mana Anda menemukan blok-blok kode untuk diprogram?
3. Apa yang dimaksud dengan "sprite" dalam Scratch?
4. Blok kode dengan warna biru biasanya termasuk dalam kategori apa?
Inspirasi Hari Ini
Video dari channel Ayo belajar