Belajar Informatika mudah

Pemrograman Scratch Mudah dan Cepat

Tutorial Scratch Lengkap: Pengenalan Menu, Blok Kode & Fungsi untuk Pemula

Tutorial Interaktif Scratch

Pelajari bagian-bagian menu Scratch dan fungsinya dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami

Menu Tutorial

Apa itu Scratch?

Scratch adalah bahasa pemrograman visual yang dikembangkan oleh MIT Media Lab, dirancang khusus untuk anak-anak usia 8-16 tahun dan pemula yang ingin belajar konsep pemrograman. Dengan Scratch, Anda dapat membuat cerita interaktif, animasi, game, seni, dan simulasi tanpa perlu menulis kode teks. Kelebihan Scratch antara lain.

Pemrograman Blok

Gabungkan blok-blok kode seperti puzzle untuk membuat program tanpa sintaks rumit

Komunitas Global

Berbagi proyek dengan jutaan pengguna Scratch di seluruh dunia dan belajar bersama

Kreativitas Tanpa Batas

Ekspresikan ide Anda melalui coding dengan cara yang menyenangkan dan visual

Berikut video tutorial pengenalan scratch selengkapnya.

Menu Utama Scratch

Antarmuka Scratch terdiri dari beberapa area utama yang perlu Anda kenali. Setiap area memiliki fungsi khusus dalam proses pembuatan program. Tekan tombol berikut maka akan ditampilkan informasi lebih lengkap di bagian bawah

Palet Blok

Palet Blok berisi semua blok kode yang dikelompokkan berdasarkan kategori seperti Motion, Looks, Sound, Events, Control, dan Sensing. Anda dapat menyeret blok dari sini ke Area Kode untuk membuat program. Setiap kategori memiliki warna yang berbeda untuk memudahkan identifikasi.

Area Kode

Area Kode adalah tempat Anda menyusun blok-blok kode untuk membuat program. Seret blok dari Palet Blok ke sini dan sambungkan mereka seperti puzzle untuk membuat skrip yang mengontrol sprite Anda. Anda dapat memiliki beberapa skrip untuk sprite yang sama.

Panggung

Panggung adalah area di mana program Anda dijalankan dan hasilnya ditampilkan. Sprite Anda akan tampil dan bergerak di sini sesuai dengan kode yang telah Anda buat. Panggung memiliki sistem koordinat dengan titik tengah (0,0).

Sprite

Sprite adalah karakter atau objek yang dapat diprogram dalam proyek Anda. Setiap sprite memiliki kode, kostum, dan suara sendiri. Anda dapat menambahkan sprite baru dari library atau membuatnya sendiri. Sprite dapat berinteraksi dengan sprite lain dan lingkungannya.

Backdrop

Backdrop adalah latar belakang untuk panggung Anda. Anda dapat memiliki beberapa backdrop dan beralih di antara mereka selama program berjalan untuk menciptakan efek yang berbeda. Backdrop dapat dipilih dari library, diupload, atau dibuat menggunakan editor gambar.

Toolbar

Toolbar berisi tombol untuk mengontrol proyek Anda. Tombol bendera hijau untuk memulai program, tombol merah untuk menghentikannya, dan tombol lainnya untuk berbagai fungsi seperti mengubah ukuran sprite, duplikat, dan hapus.

Blok Pemrograman

Scratch menggunakan blok kode berwarna yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Setiap warna mewakili kategori fungsi tertentu, memudahkan pemula untuk memahami jenis perintah yang tersedia.

Kategori Fungsi Contoh Blok
Motion
Biru
Menggerakkan dan memutar sprite gerak 10 langkah, putar 15 derajat
Looks
Ungu
Mengubah penampilan sprite katakan Halo!, ganti kostum
Sound
Oranye
Mengontrol suara dan musik mainkan suara meow, atur volume
Events
Kuning
Menangani peristiwa dan pemicu ketika bendera hijau diklik
Control
Hijau
Mengontrol alur program ulangi 10, jika-maka
Sensing
Biru Muda
Mendeteksi input dan interaksi menyentuh mouse-pointer?

Cocokkan Blok

Seret blok ke kategori yang sesuai untuk melatih pemahaman Anda tentang jenis-jenis blok Scratch:

Blok Kode
gerak 10 langkah
katakan Halo!
mainkan suara meow
Kategori
Motion
Looks
Sound

Area Panggung (Stage)

Panggung adalah area di mana program Anda dijalankan dan hasilnya ditampilkan. Ini adalah tempat di mana sprite Anda akan bergerak, berinteraksi, dan melakukan aksi sesuai dengan kode yang Anda buat.

Fitur Panggung:

  • Koordinat X dan Y: Panggung menggunakan sistem koordinat dengan X (-240 sampai 240) dan Y (-180 sampai 180)
  • Mode Tampilan: Dapat diubah antara mode normal dan mode layar penuh
  • Pengaturan Backdrop: Dapat mengganti latar belakang panggung
  • Tombol Kontrol: Bendera hijau untuk memulai, tombol merah untuk berhenti
Simulasi Panggung Scratch
Koordinat: (0, 0)

Sprite & Backdrop

Sprite adalah karakter atau objek yang dapat diprogram dalam proyek Scratch, sedangkan backdrop adalah latar belakang untuk panggung Anda. Memahami cara bekerja dengan sprite dan backdrop adalah kunci untuk membuat proyek Scratch yang menarik.

Sprite

  • Setiap sprite memiliki kode, kostum, dan suara sendiri
  • Dapat dibuat, diimpor, atau dipilih dari library Scratch
  • Dapat diubah ukuran, arah, dan gaya
  • Dapat memiliki banyak kostum untuk animasi
Jenis Sprite:
Sprite Default: Kucing Scratch (tersedia di proyek baru)
Sprite dari Library: Pilih dari koleksi Scratch yang luas
Upload Sprite: Gunakan gambar Anda sendiri
Sprite Gambar: Gambar sprite menggunakan editor gambar bawaan

Backdrop

  • Mengatur latar belakang panggung
  • Dapat memiliki beberapa backdrop dan beralih di antara mereka
  • Dapat dibuat, diimpor, atau dipilih dari library Scratch
  • Dapat diedit menggunakan editor gambar
Ubah Backdrop:

Pratinjau Backdrop

Kuis Interaktif

Uji pengetahuan Anda tentang Scratch dengan kuis berikut! Pilih jawaban yang menurut Anda benar untuk setiap pertanyaan.

1. Apa fungsi dari blok "ketika bendera hijau diklik"?
Memulai program ketika bendera hijau diklik
Mengubah warna bendera menjadi hijau
Menghentikan program
Menggerakkan sprite ke bendera hijau
2. Di mana Anda menemukan blok-blok kode untuk diprogram?
Area Panggung
Palet Blok
Area Sprite
Toolbar
3. Apa yang dimaksud dengan "sprite" dalam Scratch?
Latar belakang panggung
Jenis blok kode
Karakter atau objek yang dapat diprogram
Tombol untuk menjalankan program
4. Blok kode dengan warna biru biasanya termasuk dalam kategori apa?
Motion (Gerakan)
Looks (Penampilan)
Sound (Suara)
Events (Peristiwa)

Inspirasi Hari Ini

Video dari channel Ayo belajar

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »