📝 Kisi-kisi Soal Informatika Kelas 8
Panduan Indikator Soal dan Level Kognitif Kurikulum Merdeka.
Petunjuk
- Pelajarilah materi Bab 1 dan Bab 2 serta latihan soal yang ada. Silahkan tekan daftar isi informatika kelas 8
- Tekan masing-masing tema untuk melihat detail kisi-kisi soal
- Pada bagian akhir tiap-tiap soal terdapat kode level soal yaitu C1-C3. Sedangkan bentuk soal PG= pilihan ganda, BS = benar-salah, dan PGK = Pilihan ganda kompleks (bisa memilih lebih dari satu jawaban.
- Murid dapat mengingat definisi dasar fungsi VLOOKUP pada spreadsheet. C1 (PG)
- Murid dapat membedakan antara VLOOKUP dan HLOOKUP pada aplikasi pengolah angka. C2 (BS)
- Murid mampu menerapkan rumus VLOOKUP dalam skenario sederhana (tabel harga barang). C3 (PG)
- Murid mampu memahami sintaks dasar VLOOKUP. C2 (PGK)
- Murid mampu mengingat sintaks HLOOKUP. C1 (PG)
- Murid mampu memahami perbedaan arah pencarian antara VLOOKUP dan HLOOKUP. C2 (PG)
- Siswa dapat mengingat manfaat utama visualisasi data dalam konteks sehari-hari. C1 (PG)
- Grafik garis menunjukkan tren perubahan data dari waktu ke waktu (seperti like postingan). C2 (PG)
- Murid dapat mengingat jenis grafik untuk membandingkan kategori data yang berbeda. C1 (PG)
- Siswa dapat mengingat fungsi utama diagram lingkaran dalam menampilkan proporsi data. C1 (PGK)
- Siswa dapat memahami aplikasi visualisasi data dalam pengelolaan keuangan pribadi. C2 (PGK)
- Mengenali perbedaan fungsi SUMIF dengan SUMIFS untuk penjumlahan berdasarkan satu vs. lebih dari satu kriteria. C1 (PG)
- Membedakan kegunaan SUMIFS (penjumlahan) vs. COUNTIFS (penghitungan) dalam konteks belanja harian. C2 (BS)
- Memahami bahwa COUNTIFS untuk menghitung data berdasarkan dua kriteria terkait aktivitas sehari-hari seperti catatan cuaca. C1 (BS)
- Murid dapat menjelaskan fungsi utama dari SUMIFS. C1 (PG)
- Siswa dapat menentukan kriteria yang menggunakan operator logika dalam SUMIFS. C2 (PGK)
- Murid mampu mengingat fungsi utama dari COUNTIFS. C1 (PG)
- Murid memahami definisi dasar fungsi dalam informatika melalui analogi sehari-hari. C1 (PG)
- Murid dapat mengidentifikasi komponen utama fungsi (Input, Output) dalam analogi. C2 (PGK)
- Murid dapat menerapkan konsep fungsi untuk membagi tugas dalam skenario perhitungan sehari-hari. C3 (PG)
- Murid dapat mengidentifikasi operasi dasar irisan (n) dalam himpunan. C1 (PG)
- Murid dapat membedakan antara himpunan dan daftar. C2 (PG)
- Murid dapat menerapkan konversi bilangan Desimal ke Biner. C3 (PG)
- Murid dapat memahami alasan penggunaan biner dalam perangkat digital harian. C2 (PGK)
- Murid dapat mengidentifikasi implementasi struktur data queue dalam kehidupan sehari-hari. C2 (PG)
- Siswa dapat memilih dan menerapkan struktur data yang sesuai untuk situasi pesta sehari-hari. C3 (PG)