Belajar Informatika mudah

Kisi-kisi Ujian Satuan Pendidikan Informatika

Berikut adalah kisi-kisi ujian satuan pendidikan informatika untuk siswa SMP dengan mengacu pada kurikulum Merdeka revisi 2024. Bentuk soal terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks dan benar salah. 

Bahan belajar silahkan sentuh Informatika kelas 9, Informatika kelas 8, Informatika kelas 7,. Untuk melatih keterampilan bernalar kritis silahkan membuka dengan sentuh Bank soal interaktif.
Keterangan bentuk soal  PGK = Pilihan ganda kompleks. PG= Pilihan ganda. BS = Benar-salah.
MATERI INDIKATOR BENTUK SOAL NO SOAL
Berpikir Komputasional Diberikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi penerapan konsep algoritma dalam kehidupan sehari-hari PGK 1
Berpikir Komputasional Siswa mampu mengidentifikai contoh penerapan konsep representasi data pada penyimpanan data di ponsel PG 2
Berpikir Komputasional Mengidentifikasi konsep algoritma PGK 3
Berpikir Komputasional Menentukan langkah yang paling bijak untuk mendapatkan informasi yang akurat PGK 4
Berpikir Komputasional Menentukan langkah tepat untuk membandingkan harga dua jenis barang dari berbagai toko online menggunakan web browser dan mesin pencari. PGK 5
Perangkat keras komputer Siswa dapat menganalisa komponen perangkat keras komputer yang paling mungkin menyebabkan penurunan kinerja akibat penyimpanan yang penuh PGK 6
Perangkat keras komputer Ditunjukkan gambar perangkat keras komputer, siswa dapat mengidentifikasi fungsi perangkat keras pada gambar. PG 7
Perangkat keras komputer Mengidentifikasi alat penyimpan data portable BS 8
Perangkat keras komputer Mengidentifikasi perangkat keras untuk menunjang audio visual dalam presentasi. PGK 9
Perangkat keras komputer Mengidentifikasi perangkat keras yang diperlukan untuk merekam suara dalam podcast menggunakan komputer. PGK 10
Perangkat Lunak komputer Mengidentifikasi aplikasi untuk membuat presentasi  PGK 11
Perangkat Lunak komputer Mengidentifikasi penulisan email yang benar PGK 12
Perangkat Lunak komputer Menentukan aplikasi untuk membuat laporan kegiatan dan mempresentasikannya di depan guru serta siswa lainnya PG 13
Perangkat Lunak komputer Siswa mampu mengidentifikasi jenis file berdasarkan ekstensi filenya PG 14
Perangkat Lunak komputer Menjelaskan fungsi salah satu fitur edit aplikasi pengolah kata PG 15
Perangkat Lunak komputer Menganalisa pemanfaatan aplikasi pengolah angka dalam kehidupan sehari-hari PGK 16
Perangkat Lunak komputer Mengidentifikasi kebutuhan beberapa perangkat lunak untuk kebutuhan presentasi online PG 17
Perangkat Lunak komputer Menyebutkan keuntungan penyimpanan awan (cloud storage) PG 18
Perangkat Lunak komputer Menganalisa penyebab layar monitor menjadi biru dengan tulisan-tulisan aneh PG 19
Perundungan digital /Cyberbullying Menjelaskan tindakan yang tepat pada saat menyaksikan orang lain membagikan tangkapan layar percakapan pribadi seseorang yang berisi informasi sensitif tanpa izin PG 20, 23
Perundungan digital /Cyberbullying Menjelaskan pengaruh perundungan digital PG 21
Perundungan digital /Cyberbullying Menjelaskan implikasi hukum terkait pelaku perundungan digital PG 22
Perundungan digital /Cyberbullying Mengidentifikasi tindakan yang termasuk perundungan digital PG 24
Aplikasi pengolah angka Mengidentifikasi pernyataan yang menggambarkan perbedaan antara rumus SUM dan SUMIF pada aplikasi pengolah angka PG 25
Aplikasi pengolah angka Mengidentifikasi pemanfaatan aplikasi pengolah angka dalam kehidupan sehari-hari PG 26
Aplikasi pengolah angka Diberikan sebuat tabel data, peserta didik dapat menentukan rumus yang tepat sesuai kondisi data dalam tabel. PG, PGK 27, 28
Aplikasi pengolah angka Ditampilkan tabel data, peserta didik dapat membuat kesimpulan yang tepat PGK 29
Media digital untuk produktivitas Mengidentifikasi aplikasi yang tepat untuk membuat laporan kegiatan dalam bentuk yang menarik dan mudah diakses oleh seluruh siswa. PG 30
Media digital untuk produktivitas Menentukan media digital yang tepat untuk mempublikasikan hasil karya seni musik PG 31
Media digital untuk produktivitas Menjelaskan manfaat media digital untuk meningkatkan produktivitas seorang siswa PG, PGK 32, 34, 35
Media digital untuk produktivitas Menjelaskan manfaat media digital untuk meningkatkan produktivitas seorang siswa PGK 33
Media digital untuk produktivitas Menyebutkan etika penting dalam pemanfaatan media digital untuk produktivitas PG 36
Media digital untuk produktivitas Menjelaskan contoh pemanfaatan blog untuk meningkatkan pemahaman materi pelajaran PGK 37
Keamanan Data dan Informasi Ditampilkan sumber bacaan tentang keamanan data, peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan yang menggambarkan kesimpulan dalam bacaan. PGK 38
Keamanan Data dan Informasi Menjelaskan keuntungan fitur enkripsi ujung-ke-ujung (end-to-end encryption) pada media sosial PG 39
Keamanan Data dan Informasi Menjelaskan alasan pembuatan kata sandi dengan kombinasi karakter tertentu PG 40
Keamanan Data dan Informasi Menyebutkan tindakan-tindakan yang dapat membantu menjaga keamanan akun media sosial PGK 41, 42
Keamanan Data dan Informasi Menjelaskan alasan memiliki kesadaran (awareness) tentang keamanan data dan informasi sejak usia muda PG 43
Fakta dan Opini Mengidentifikasi pernyataan yang termasuk fakta PG 44
Fakta dan Opini Mengidentifikasi pernyataan yang termasuk opini PG 45
Fakta dan Opini Mengidentifikasi pernyataan yang menggambarkan hubungan antara fakta dan opini. PG 46
Kesadaran Digital Mengidentifikasi yang menunjukkan kurangnya kesadaran penuh kesadaran digital PG 47
Kesadaran Digital Mengidentifikasi yang menunjukkan kesadaran penuh kesadaran digital PGK, PG 48, 50
Kesadaran Digital Menyebutkan manfaat seseorang yang memiliki kesadaran penuh kesadaran digital PGK 49

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »