Berikut adalah kisi-kisi ujian satuan pendidikan informatika untuk siswa SMP dengan mengacu pada kurikulum Merdeka revisi 2024. Bentuk soal terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks dan benar salah.
Bahan belajar silahkan sentuh Informatika kelas 9, Informatika kelas 8, Informatika kelas 7,. Untuk melatih keterampilan bernalar kritis silahkan membuka dengan sentuh Bank soal interaktif.
Keterangan bentuk soal PGK = Pilihan ganda kompleks. PG= Pilihan ganda. BS = Benar-salah.
| MATERI | INDIKATOR | BENTUK SOAL | NO SOAL |
|---|---|---|---|
| Berpikir Komputasional | Diberikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi penerapan konsep algoritma dalam kehidupan sehari-hari | PGK | 1 |
| Berpikir Komputasional | Siswa mampu mengidentifikai contoh penerapan konsep representasi data pada penyimpanan data di ponsel | PG | 2 |
| Berpikir Komputasional | Mengidentifikasi konsep algoritma | PGK | 3 |
| Berpikir Komputasional | Menentukan langkah yang paling bijak untuk mendapatkan informasi yang akurat | PGK | 4 |
| Berpikir Komputasional | Menentukan langkah tepat untuk membandingkan harga dua jenis barang dari berbagai toko online menggunakan web browser dan mesin pencari. | PGK | 5 |
| Perangkat keras komputer | Siswa dapat menganalisa komponen perangkat keras komputer yang paling mungkin menyebabkan penurunan kinerja akibat penyimpanan yang penuh | PGK | 6 |
| Perangkat keras komputer | Ditunjukkan gambar perangkat keras komputer, siswa dapat mengidentifikasi fungsi perangkat keras pada gambar. | PG | 7 |
| Perangkat keras komputer | Mengidentifikasi alat penyimpan data portable | BS | 8 |
| Perangkat keras komputer | Mengidentifikasi perangkat keras untuk menunjang audio visual dalam presentasi. | PGK | 9 |
| Perangkat keras komputer | Mengidentifikasi perangkat keras yang diperlukan untuk merekam suara dalam podcast menggunakan komputer. | PGK | 10 |
| Perangkat Lunak komputer | Mengidentifikasi aplikasi untuk membuat presentasi | PGK | 11 |
| Perangkat Lunak komputer | Mengidentifikasi penulisan email yang benar | PGK | 12 |
| Perangkat Lunak komputer | Menentukan aplikasi untuk membuat laporan kegiatan dan mempresentasikannya di depan guru serta siswa lainnya | PG | 13 |
| Perangkat Lunak komputer | Siswa mampu mengidentifikasi jenis file berdasarkan ekstensi filenya | PG | 14 |
| Perangkat Lunak komputer | Menjelaskan fungsi salah satu fitur edit aplikasi pengolah kata | PG | 15 |
| Perangkat Lunak komputer | Menganalisa pemanfaatan aplikasi pengolah angka dalam kehidupan sehari-hari | PGK | 16 |
| Perangkat Lunak komputer | Mengidentifikasi kebutuhan beberapa perangkat lunak untuk kebutuhan presentasi online | PG | 17 |
| Perangkat Lunak komputer | Menyebutkan keuntungan penyimpanan awan (cloud storage) | PG | 18 |
| Perangkat Lunak komputer | Menganalisa penyebab layar monitor menjadi biru dengan tulisan-tulisan aneh | PG | 19 |
| Perundungan digital /Cyberbullying | Menjelaskan tindakan yang tepat pada saat menyaksikan orang lain membagikan tangkapan layar percakapan pribadi seseorang yang berisi informasi sensitif tanpa izin | PG | 20, 23 |
| Perundungan digital /Cyberbullying | Menjelaskan pengaruh perundungan digital | PG | 21 |
| Perundungan digital /Cyberbullying | Menjelaskan implikasi hukum terkait pelaku perundungan digital | PG | 22 |
| Perundungan digital /Cyberbullying | Mengidentifikasi tindakan yang termasuk perundungan digital | PG | 24 |
| Aplikasi pengolah angka | Mengidentifikasi pernyataan yang menggambarkan perbedaan antara rumus SUM dan SUMIF pada aplikasi pengolah angka | PG | 25 |
| Aplikasi pengolah angka | Mengidentifikasi pemanfaatan aplikasi pengolah angka dalam kehidupan sehari-hari | PG | 26 |
| Aplikasi pengolah angka | Diberikan sebuat tabel data, peserta didik dapat menentukan rumus yang tepat sesuai kondisi data dalam tabel. | PG, PGK | 27, 28 |
| Aplikasi pengolah angka | Ditampilkan tabel data, peserta didik dapat membuat kesimpulan yang tepat | PGK | 29 |
| Media digital untuk produktivitas | Mengidentifikasi aplikasi yang tepat untuk membuat laporan kegiatan dalam bentuk yang menarik dan mudah diakses oleh seluruh siswa. | PG | 30 |
| Media digital untuk produktivitas | Menentukan media digital yang tepat untuk mempublikasikan hasil karya seni musik | PG | 31 |
| Media digital untuk produktivitas | Menjelaskan manfaat media digital untuk meningkatkan produktivitas seorang siswa | PG, PGK | 32, 34, 35 |
| Media digital untuk produktivitas | Menjelaskan manfaat media digital untuk meningkatkan produktivitas seorang siswa | PGK | 33 |
| Media digital untuk produktivitas | Menyebutkan etika penting dalam pemanfaatan media digital untuk produktivitas | PG | 36 |
| Media digital untuk produktivitas | Menjelaskan contoh pemanfaatan blog untuk meningkatkan pemahaman materi pelajaran | PGK | 37 |
| Keamanan Data dan Informasi | Ditampilkan sumber bacaan tentang keamanan data, peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan yang menggambarkan kesimpulan dalam bacaan. | PGK | 38 |
| Keamanan Data dan Informasi | Menjelaskan keuntungan fitur enkripsi ujung-ke-ujung (end-to-end encryption) pada media sosial | PG | 39 |
| Keamanan Data dan Informasi | Menjelaskan alasan pembuatan kata sandi dengan kombinasi karakter tertentu | PG | 40 |
| Keamanan Data dan Informasi | Menyebutkan tindakan-tindakan yang dapat membantu menjaga keamanan akun media sosial | PGK | 41, 42 |
| Keamanan Data dan Informasi | Menjelaskan alasan memiliki kesadaran (awareness) tentang keamanan data dan informasi sejak usia muda | PG | 43 |
| Fakta dan Opini | Mengidentifikasi pernyataan yang termasuk fakta | PG | 44 |
| Fakta dan Opini | Mengidentifikasi pernyataan yang termasuk opini | PG | 45 |
| Fakta dan Opini | Mengidentifikasi pernyataan yang menggambarkan hubungan antara fakta dan opini. | PG | 46 |
| Kesadaran Digital | Mengidentifikasi yang menunjukkan kurangnya kesadaran penuh kesadaran digital | PG | 47 |
| Kesadaran Digital | Mengidentifikasi yang menunjukkan kesadaran penuh kesadaran digital | PGK, PG | 48, 50 |
| Kesadaran Digital | Menyebutkan manfaat seseorang yang memiliki kesadaran penuh kesadaran digital | PGK | 49 |