Berikut ini adalah kisi-kisi penilaian tengah semester Informatika kelas 7
|
Elemen
|
Tujuan Pembelajaran
|
MATERI ESENSIAL
|
INDIKATOR
|
LEVEL KOGNITIF
|
BENTUK SOAL
|
NO SOAL
|
SKOR
|
||
|
1
|
2
|
3
|
|||||||
|
AD |
Setelah pembelajaran peserta didik dapat mengenal data beserta satuannya |
Mengenal data |
Peserta didik dapat membedakan antara satuan data dan satuan yang lain. |
ü
|
|
|
Pilihan Ganda |
1 |
2 |
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian analisis data dengan benar. |
ü
|
|
|
Pilihan Ganda |
2 |
2 |
|||
|
Mengidentifikasi kegiatan terkait interpretasi data |
|
ü
|
|
Pilihan Ganda |
3 |
3 |
|||
|
Disajikan data di dalam tabel, peserta didik dapat membuat kesimpulan berdasarkan data tersaji. |
|
|
ü
|
Pilihan Ganda |
4 |
4 |
|||
|
Disajikan data, peserta didik dapat membuat kesimpulan berdasarkan data tersaji. |
|
|
ü
|
Pilihan Ganda |
5 |
4 |
|||
|
Setelah pembelajaran peserta didik mengenal antarmuka dan dapat memanfaatkan fitur-fitur aplikasi pengolah data. |
Perkakas pengolahan lembar kerja |
Menjelaskan aplikasi untuk pengolahan data |
ü
|
|
|
Pilihan Ganda |
6 |
2 |
|
|
Mengidentifikasi ikon aplikasi pengolah data |
ü
|
|
|
Pilihan Ganda |
7 |
2 |
|||
|
Disajikan data dalam tabel, peserta didik dapat menganalisa nilai-nilai pada cell tertentu. |
|
ü
|
|
Pilihan Ganda |
8 |
3 |
|||
|
Mengidentifikasi ikon untuk membuat spreadsheet baru. |
ü
|
|
|
Pilihan Ganda |
9 |
2 |
|||
|
Menjelaskan pengertian cell |
ü
|
|
|
Pilihan Ganda |
10 |
2 |
|||
|
Mengidentifikasi nama cell yang sedang aktif |
|
ü
|
|
Pilihan Ganda |
11 |
3 |
|||
|
Ditampilkan beberapa fitur aplikasi pengolah data, peserta didik dapat mengidentifikasi fitur untuk mewarnai cell |
|
ü
|
|
Pilihan Ganda |
12 |
3 |
|||
|
DSI |
Setelah pembelajaran peserta didik dapat memahami dampak positif dan negatif teknologi informasi, keamanan data pribadi, dan berkolaborasi di dunia maya |
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi |
Menganalisa dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi |
|
|
ü
|
Pilihan Ganda komplek |
13 |
4 |
|
Memberikan contoh kegiatan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi |
ü
|
|
|
Pilihan Ganda |
14 |
2 |
|||
|
Mengidentifikasi aktifitas yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. |
|
|
ü
|
Pilihan Ganda kompleks |
15 |
4 |
|||
|
Ditunjukkan gambar bukti transaksi online, peserta didik dapat mengidentifikasi alat pembayaran. |
|
ü
|
|
Pilihan Ganda |
16 |
3 |
|||
|
Dampak positif dan negatif pemanfaatan TIK dalam kehidupan sehari-hari |
Menganalisa keuntungan pemanfaatan TIK di bidang kesehatan |
|
|
ü
|
Pilihan Ganda |
17 |
4 |
||
|
Menganalisa dampak perkembangan TIK dalam bidang ketersediaan lapangan kerja |
|
ü
|
|
Pilihan Ganda |
18 |
3 |
|||
|
Diberikan studi kasus tentang sebuah kondisi bagaimana mengontrol peralatan serta keamanan rumah yang efektif, peserta didik menemukan solusi dengan memanfaatkan teknologi. |
|
|
ü
|
Pilihan Ganda |
19 |
4 |
|||
|
Diberikan artikel pendek, peserta didik mengidentifikasi pernyataan yang sesuai artikel. |
|
ü
|
|
Pilihan Ganda |
20 |
3 |
|||
|
Menunjukkan salah satu mesin pencari |
ü
|
|
|
Pilihan Ganda |
21 |
2 |
|||
|
Menjelaskan kelebihan pembelajaran jarak jauh |
|
|
ü
|
Pilihan Ganda kompleks |
22 |
4 |
|||
|
Menjelaskan dampak pemanfaatan TIK di perkantoran |
|
ü
|
|
Pilihan Ganda |
23 |
3 |
|||
|
Menjelaskan sikap yang benar ketika menerima informasi melalui media sosial |
|
ü
|
|
Pilihan Ganda |
24 |
3 |
|||
|
Disajikan artikel tentang data penggunaan gawai, peserta didik menganalisa dampak yang terjadi. |
|
|
ü
|
Pilihan Ganda |
25 |
4 |
|||
|
Menjelaskan manfaat TIK dalam bidang pendidikan |
ü
|
|
|
Pilihan Ganda |
26 |
2 |
|||
|
Menjelaskan sikap ketika mengetahui terjadi cyber bullying |
|
ü
|
|
Pilihan Ganda |
27 |
3 |
|||
|
Memberikan contoh tindakan yang termasuk cyber bulying |
ü
|
|
|
Pilihan Ganda |
28 |
2 |
|||
|
Menjelaskan tujuan phishing dalam cyber crime |
ü
|
|
|
Pilihan Ganda |
29 |
2 |
|||
|
Media sosial, Informasi pribadi dan hukum Privasi |
Mengidentifikasi data-data yang berpotensi dicuri melalui dunia maya |
|
ü
|
|
Pilihan Ganda |
30,31 |
3 |
||
|
Menjelaskan peran media sosial dalam kolaborasi antar individu |
|
ü
|
|
Pilihan Ganda |
32, 33 |
3 |
|||
|
Menjelaskan dampak negatif TIK |
ü
|
|
|
Pilihan Ganda |
34, 35 |
2 |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|